Mengenal Karburator serta fungsinya

Mengenal Karburator serta fungsinya

Tanggal : 25-01-2013 16:10

karbulator

karbulator

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat (sesuai kebutuhan) untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran (silinder) dalam bentuk kabut. Kebersihan dan penyetelan yang tepat pad karburator sangat berpengaruh pada kinerja mesin secara keseluruhan. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi suplai bahan bakar, dan bila itu terjadi maka pembakaran menjadi tidak sempurna, akibatnya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa mogok. Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap yang tidak normal sehingga mengakibatkan terjadinya polusi udara.

Bagian – bagian Karburator serta Fungsinya.

1.  Ruang Pelampung Karburator ( float chamber )

Menampung sementara bahanbakar dari tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang pembakaran)

2. Pelampung ( floater )

Mengatur bahan bakar dalam ruang pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran.

3. Jarum katup pelampung ( needle valve/floater valve )

Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh.

4. Katup gas/skep ( throttle valve )

Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ).

5. Jarum gas / jarum skep ( Jet needle )

Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾.

6. Pegas/per skep ( throttle valve spring )

Mengembalikan posisi skep pada posisi terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas).

Semoga Bermanfaat. ^_^

Pencarian iklan terkait :

komponen karburator mobil, Gambar karburator mobil, komponen karburator mobil dan fungsinya, fungsi karburator, bagian bagian karburator mobil, komponen karburator mobil kijang, komponen karburator, komponen karburator dan fungsinya, bagian karburator, komponen karburator beat, komponen sepeda motor dan fungsinya, karburator mobil, komponen karburator pada mobil, bagian karburator mobil, bagian bagian karburator, nama nama karburator, komponen karburator dan gambarnya, fungsi komponen karburator mobil, bagian-bagian karburator mobil, gambar karburator, gambar peda montor honda beat serta fungsinya, komponen karburator kijang, komponen karburator mobil beserta gambarnya, Tugas Smk otomotif cara bongkar pasang karbulator mobil, komponen karburator grand, nama komponen karburator mobil dan fungsinya, bagian karburator supra, komponen komponen karburator mobil, nama onderdil motor dan fungsinya, komponen karburator honda vario

Tags:

Laporkan Iklan Penipuan

Hubungi Pemasang Iklan

Komentar "Mengenal Karburator serta fungsinya"